Label

Kamis, 05 Maret 2015

Beberapa Jenis Seni Rupa Terapan Beserta Gambar


Apakah kalian sudah tahu apa itu Seni rupa terapan? nah, jika anda belum mengetahuinya diartikel kali ini saya akan membahas tentang hal itu, yaitu pengertian dari Seni rupa terapan beserta 5 contoh gambar dan juga penjelasannya, langsung saja.

Apa itu seni rupa terapan, seni rupa terapan adalah Karya seni rupa yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, selain dari nilai seni (estetika), bukan hanya sebagai pajangan ataupun hiasan saja tetapi juga memiliki nilai pakai yang tinggi.

Contoh seni rupa terapan adalah peralatan dapur, kain batik, rumah ada, asbak, senjata tradisional, meja, kursi, dan lain-lain. Nah berikut ini adalah jenis dari seni rupa terapa. Yang pertama adalah:

1. Seni Bangunan

Rumah adat jambi
Biasanya seni rupa terapan ini bisa juga berwujud bangunan. Seni rupa terapa yang berada dibangunan ini biasanya berada diDinding, Pintu, jendela, dan lain-lain. Seni bangunan bisa juga digunakan untuk tempat beribadah dan timpat tinggal.

2. Seni Dekorasi

Dekorasi Ulang tahun

Mungkin ini sudah banyak yang tahu ya. Seni dekorasi ini biasanya digunakan untuk menghias sebuah ruangan untuk suatu acara terentu, seperti acara pernikahan, ulang tahun, dan juga acara Perpisahan.

3. Seni Kerajinan Tangan

Contoh Seni kerajinan tangan

Seni kerajinan tangan ini biasanya digunakan untuk alat kebutuhan manusia sehari-hari. Alat yang digunakan biasanya berupa, asbak, tempat pensil, peralatan-peralatan dapur, dan lain-lain.

4. Seni Ilustrator

Gambar Ilustrasi Bung Karno

Fungsi dari seni ilustrator ini adalah guna untuk memperjelas maksud dari sebuah teks sehingga ini mudah dipahami oleh seseorang yang melihatnya. Jadi,pengertian seni ilustrator adalah Gambar atau foto yang berfungsi untuk memperjelas suatu teks ataupun naskah.

5. Seni Kain

Contoh kain adat

Seni kain ini biasanya digunakan sebagai sarana upacara, contoh dari seni kain ini adalah kain batik dan juga pakaian adat dari masing-masing daerah tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar