Label

Sabtu, 28 Februari 2015

Solusi Ampuh Atasi Stres Anak


Solusi Ampuh Atasi Stres Anak
Orang tua adalah kunci untuk membantu mengurangi stres pada anak-anak. Setiap anak memiliki kemampuan masing-masing dalam menghadapi persoalan, jika mereka menemui kesulitan, orang tua memiliki andil yang besar untuk memotivasi mereka agar membantu menurunkan tingkat stres serta menambah potensi akademik anak.
Dikutip dari situs Huffington Post, inilah tips-tips yang mudah-mudahan dapat membantu mengurangi stres pada putra-putri tercinta, Moms.
Tips # 1: Mendengarkan musik
Musik adalah jembatan antara belahan otak kanan dan kiri. Dengan musik, tubuh akan menjadi lebih tenang dan pikiran rileks. Jannalea Hoffman, seorang terapis musik dari University of Kansas, menemukan bahwa musik dapat membantu siswa mengerjakan ujian lebih baik. Ia memutar musik lembut sebagai latar saat anak-anak mengerjakan ujian. Hoffman menemukan bahwa siswa yang mendengarkan musik memiliki detak jantung yang lebih rendah dan skor tes lebih tinggi daripada kelompok siswa yang tidak mendengarkan musik
Tips # 2: Praktek teknik relaksasi, teknik meditasi dan pernapasan
Teknik relaksasi atau meditasi akan membawa manfaat kesehatan serta menurunkan tingkat stres anak-anak. Saat melakukan teknik relaksasi Anda dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi dan memproses informasi yang lebih baik. Hal ini memungkinkan kita untuk menggunakan otak lebih baik. Dengan tubuh yang santai, Anda dapat mengurangi hormon kortisol (hormon stres) sehingga otak dapat berpikir lebih jernih termasuk dalam mengendalikan emosi.
Tip # 3: Mencari waktu untuk bermain
Di samping belajar dengan tekun, anak-anak juga harus memiliki waktu bermain yang cukup. Dengan bermain, anak-anak belajar mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas secara alami. Alih-alih terus-menerus meminta anak Anda untuk belajar, cobalah memberikan kesempatan agar mereka menjadi diri sendiri, misalnya melakukan hobi yang mereka sukai atau bermain dengan teman-teman sebaya.
Jangan biarkan si kecil murung karena dilanda stres akibat terlalu banyak tekanan di sekolah. Anda bisa menghiburnya dengan mengikuti tips-tips di atas, Moms. Silakan dicoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar